Jumat, Juli 19, 2024

Erdogan Menang Sementara, Pemilu Turki Lanjut Putaran Kedua

Wajib Baca

Orinews.id|Ankara – Turki akan menggelar Pemilu putaran kedua setelah Presiden petahana Recep Tayyip Erdogan unggul tipis dari saingan utamanya, Kemal Kilicdaroglu. Erdogan gagal melewati ambang batas suara 50 persen yang diperlukan untuk menghindari putaran kedua.

Dilansir The Guardian, Senin (15/5/2023), Erdogan meraih 49,51 persen melawan 44,88 persen suara yang diraih Kilicdaroglu dengan sejumlah kecil suara luar negeri yang tersisa untuk dihitung. Putaran kedua akan berlangsung pada 28 Mei.

Kepala Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener, mengatakan ada sisa 35.874 suara luar negeri yang belum terhitung. Tidak ada yang akan mengamankan mayoritas suara yang diperlukan untuk memenangkan pemilihan secara langsung.

Jajak pendapat pra-pemilihan menunjukkan Erdogan berpotensi kalah dalam Pemilu untuk pertama kali setelah 20 tahun berkuasa. Pemilihan ini menjadi yang paling kritis dalam sejarah negara mayoritas Muslim ini.

Kandidat nasionalis ketiga, Sinan Ogan, meraih 5,17 persen suara. Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Erdogan dan sekutu sayap kanannya juga mendekati mayoritas langsung dalam pemilihan parlemen paralel.

Hasilnya adalah kekecewaan pahit bagi Kilicdaroglu dan para pendukung Partai Rakyat Republik (CHP), dengan beberapa pihak di kubu oposisi mempertanyakan apakah kandidat mereka, yang dipilih setelah perdebatan sengit selama setahun adalah kandidat yang tepat.

Oposisi mengharapkan keuntungan dari kemarahan pemilih pada krisis ekonomi Turki setelah kebijakan suku bunga rendah Erdogan yang tidak ortodoks membuat lira anjlok dan inflasi melonjak hingga mencapai 85 persen tahun lalu.

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

BMKG Resmikan Tower Pemantau Gas Rumah Kaca

ORINEWS.ID, Jambi – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus berupaya membantu upaya menekan emisi gas rumah kaca
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -