Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Arab Saudi Tetapkan Idul Fitri Jatuh Pada Jumat, 21 April 2023

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Banda Aceh – Arab Saudi mengumumkan hari raya Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Hal inienandai berakhirnya Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

“Besok, Jumat, adalah hari pertama Idul Fitri tahun ini,” demikian keterangan dari kantor berita resmi Saudi Press Agency, dikutip dari AFP.

Dengan demikian, Kamis (20/4/2023) adalah hari terakhir Bulan Ramadhan di Arab Saudi.

Dikutip dari Saudi Gazette keputusan itu diambil setelah panitia penampakan di observatorium Tumair melihat hilal Syawal.

Dengan begitu puasa tahun ini diputuskan berlangsung selama 29 hari. Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Idul Fitri di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, pemerintah telah menetapkan Idul Fitri 1444 H jatuh pada Sabtu, tanggal 22 April 2023. Hal tersebut berdasarkan sidang isbat yang digelar pada Kamis (20/4/2023) malam.

“Kami menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh hari Sabtu, 22 April 2023,” kata Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas.

Lebaran menurut pemerintah berbeda dengan keputusan Muhammadiyah. Muhammadiyah yang memakai metode hisab (perhitungan matematis dan astronomis) telah memutuskan Lebaran Jumat, 21 April 2023.

“Sekali lagi, jika ada perbedaan saudara-saudara kita yang sudah terlebih dahulu memutuskan Idul Fitri berbeda dengan pemerintah, ini harap untuk tetap dihormati,” kata Yaqut.

|Sumber: Kumparan

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Ratusan Wartawan Langsa Terima Daging Qurban

ORINEWS.ID, Langsa – Ratusan wartawan dari berbagai platform media dan organisasi yang bertugas di Kota Langsa menerima pembagian
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -