Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Pahala dan Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadhan

Wajib Baca

spot_img

ORINEWS.id – Pahala dan keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan sangat mulia. Ada banyak keistimewaan dan amalan yang dapat dilakukan pada sepuluh hari tersebut.

Salah satu hadis menjelaskan pembagian keutamaan bulan Ramadan menjadi tiga, yaitu sepuluh hari pertama rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, dan sepuluh hari ketiganya adalah terbebas dari api neraka.

Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.” (HR. Al-Baihaqi).

10 hari pertama bulan Ramadan merupakan fase perubahan kebiasaan diri. Waktu ini tergolong ujian terberat dalam mencapai suatu ketakwaan, tetapi paling banyak mendapatkan pahala.

Lantas apa saja keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan? Mengutip ceramah Ustaz Abdul Somad, berikut keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan.

1. Keutamaan Puasa Hari Pertama Bulan Ramadan

Selama hari pertama bulan Ramadan, Allah SWT mengampuni semua dosa yang terlihat dan tidak terlihat, menaikkan beribu-ribu derajat, dan membangun 50 ribu kota di surga bagi orang yang berpuasa.

2. Keutamaan Puasa Hari Kedua Bulan Ramadan

Pada hari kedua bulan Ramadan, Allah SWT mencatat setiap ibadah orang yang berpuasa seperti ibadahnya 1 tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, dan mencatat puasa seperti puasa 1 tahun.

3. Keutamaan Puasa Hari Ketiga Bulan Ramadan

Pada hari ketiga bulan Ramadan, Allah SWT akan memberikan orang yang berpuasa taman permata yang indah di surga Firdaus. Di atasnya terdapat 12 ribu rumah dari cahaya, sedangkan di bawahnya terdapat 12 ribu tempat tidur.

Di setiap tempat tidur itu pula, terdapat bidadari. Selain itu, setiap hari seribu malaikat berkunjung yang masing-masing membawa hadiah untuk orang yang berpuasa hari ketiga.

4. Keutamaan Puasa Hari Keempat Bulan Ramadan

Allah SWT menjanjikan surga Khuld kepada orang yang berpuasa. Surga tersebut berisi 70 ribu istana termasuk 70 ribu rumah.

Setiap rumah memiliki 50 ribu tempat tidur dan bidadari di tiap tempat tidur. Setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.

5. Keutamaan Puasa Hari Kelima Bulan Ramadan

Pada hari kelima bulan Ramadan, Allah SWT memberi ganjaran bagi orang yang berpuasa berupa surga Al-Ma’wa dengan ribuan kota yang tiap kotanya memiliki seribu rumah.

Setiap rumah memiliki seribu meja makan termasuk 70 ribu tempat makan dengan 70 ribu jenis makanan yang tidak sama satu dengan yang lainnya.

6. Keutamaan Puasa Hari Keenam Bulan Ramadan

Allah SWT memberikan 100 ribu kota di surga Darussalam, setiap kota terdapat 100 desa. Setiap desa memiliki 100 ribu rumah termasuk 100 ribu tempat tidur yang panjangnya seribu hasta.

Di atas tempat tidur itu, ada bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan 30 ribu permata putih dan permata merah. Tiap bidadari pula membawa 100 pelayan.

7. Keutamaan Puasa Hari Ketujuh Bulan Ramadan

Pada hari ketujuh bulan Ramadan, orang yang berpuasa akan dihadiahi Allah SWT dengan pahala yang setara seribu suhada. Selain itu, Dia juga akan menempatkan 40 ribu orang yang benar di surga Na’im.

8. Keutamaan Puasa Hari Kedelapan Bulan Ramadan

Untuk siapa saja yang berpuasa pada hari kedelapan bulan Ramadan, Allah SWT akan memberikannya pahala seperti pahala amal 60 ribu ahli ibadah dan 60 ribu ahli zuhud.

9. Keutamaan Puasa Hari Kesembilan Bulan Ramadan

Ganjaran bagi orang yang berpuasa pada hari kesembilan Ramadan adalah Allah SWT akan memberikan hamba-Nya apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

10. Keutamaan Puasa Hari Kesepuluh Bulan Ramadan

Orang yang berpuasa pada hari kesepuluh Ramadan akan dibalas Allah SWT dengan memenuhinya berupa 70 ribu hajat dan memohonkan ampunan untuk kita, matahari, bulan, bintang-bintang, binatang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut, dan dedaunan di pepohonan. [detik]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Ratusan Wartawan Langsa Terima Daging Qurban

ORINEWS.ID, Langsa – Ratusan wartawan dari berbagai platform media dan organisasi yang bertugas di Kota Langsa menerima pembagian
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -