Jumat, Juni 14, 2024

Komisi I DPR-RI Tekankan Pentingnya Keamanan Digital Bagi Generasi Muda

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Teuku Riefky Harsya menekankan pentingnya keamanan digital bagi generasi muda di Indonesia.

Hal ini disampaikan Teuku Riefky Harsya atau TRH saat mengisi acara Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Personal Branding Di Sosial Media” secara vitual di Studio Atlantis Edutech, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Seiring dengan penetrasi internet yang begitu masif, teknologi digital telah memberikan pengaruh yang sangat luas dan menjamur ke seluruh aspek kehidupan sehari-hari masyarakat. Internet kini sudah menjadi kebutuhan primer, terutama bagi populasi muda yang cukup besar di Indonesia.

Namun, di sisi lain, kata TRH, padatnya lalu lintas dunia digital menimbulkan berbagai risiko keamanan yang perlu dipahami oleh setiap pengguna. Keamanan digital adalah kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisa, dan meningkatkan tingkat keamanan digital serta lebih bijak dalam menggunakan fasilitas digital.

“Terlebih bagi generasi milenial yang menginginkan segala sesuatunya serba instan,” ungkap Anggota DPR-RI asal Aceh itu.

Selain itu, TRH juga menekankan pentingnya memahami proses verifikasi dan validasi untuk keamanan digital, karena proses tersebut terkadang sering diabaikan.

“Sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi norma-norma sebenarnya sudah diatur dalam aturan hukum, seperti Undang-Undang ITE, yang menjadi landasan dasar dalam bersosialisasi di masyarakat melalui dunia maya atau online, sehingga apa yang kita lakukan tidak merugikan kita sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Terakhir, Sekjen DPP Partai Demokrat itu berpesan kepada generasi muda Indonesia khususnya di Aceh, harus bangkit mengejar ketertinggalan, menjadi generasi yang siap memperbaiki hal-hal yang masih belum optimal, dan generasi bangsa yang siap berjuang untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan.

“Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami pentingnya keamanan digital dan menggunakan fasilitas digital dengan bijak,” pungkas TRH. []

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Warga Lhoong Aceh Besar Padati Gelaran Pangan Murah Jelang Idul Adha

ORINEWS.ID, Jantho – Jelang Idul Adha 1445 H, warga Kecamatan Lhoong padati pangan murah yang digelar Pemerintah kabupaten
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -