Sabtu, Juli 20, 2024

Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Tadarus Jadi Pintu Pahala

Wajib Baca

Orinews.id|Jakarta – Dalam bulan Ramadhan banyak umat muslim memperbanyak ibadah dan amalan agar mendapat pahala yang berlimpah. Itu juga dilakukan agar mendapat ridha Allah SWT serta keberkahan yang bermanfaat untuk kehidupan. Dalam 10 hari pertama puasa Ramadhan banyak amalan yang bisa dijalankan.

Ini dilakukan bukan tanpa alasan, karena dalam bulan suci Allah banyak memberikan pengampunan dan rahmat kepada umat-Nya.

Rasulullah SAW pun memberikan arahan mengenai amalan apa saja yang perlu dilakukan pada 10 hari pertama bulan Ramadhan. Hal ini tertera dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Tiada hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal yang lebih Allah cintai bila dilakukan di hari itu daripada sepuluh hari ini, maka perbanyaklah di dalamnya membaca Lailaha illa-Llah, Allahu kbar dan alhamdulillah.”

Khusus 10 hari puasa Ramadhan pertama, Allah membuka pintu Rahmat-Nya untuk setiap hamba yang dapat melakukan puasa dengan baik dan dipandang sebagai seorang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Rasulullah SAW bersabda: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka” (HR. Baihaqi). Pada 10 hari kedua Ramadhan, Allah janjikan akan memberikan ampunan bagi hamba-hamba-Nya yang ikhlas bertaubat.

Apa sajakah amalan 10 hari pertama puasa Ramadhan?

1. Waktu yang tepat untuk berdoa

Mengutip dari amaliah.id 10 hari bulan Ramadhan orang-orang disarankan terus berdoa dan berdzikir dengan khusyuk. Ini karena waktu yang tepat untuk berdoa adalah ketika puasa. Selain itu juga bias berdoa ketika usai sahur dan saat mendengar adzan. Karena pada waktu itu menjadi waktu mustajab untuk dikabulkannya doa. Jadi doa yang dipanjatkan tinggi peluangnya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Penuh rahmat

Pada awal Ramadhan umat muslim akan berlomba-lomba untuk beribadah dan melakukan berbagai macam kebaikan. Karena bulan ini sering disebut sebagai bulan penuh rahmat. Di 10 hari pertama puasa ini juga Allah mulai membuka pintu rahmatnya sehingga ini bias dimanfaatkan umat muslim untuk beribadah dengan baik.

Umat muslim dianjurkan melakukan banyak kebaikan karena Allah menjanjikan akan melipatgandakan pahala bagi orang yang melakukan kebaikan di muka bumi. Jika awal Ramadhan sebagai pintu rahmat, maka pertengahan pintu maghfirah, dan akhir Ramadhan adalah pintu pembebasan api neraka.

3. Tadarus menjadi pintu pahala

Tadarus menjadi kegiatan yang dianjurkan saat memasuki bulan Ramadhan . karena kegiatan ini merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karena itu tidak heran jika pada awal Ramadhan banyak umat muslim mulai melakukan tadarus sepanjang hari. Dengan melakukan tadarus selama Ramadhan, seseorang bias mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

4. Melakukan salat berjamaah

Dilansir dari www.bankbjb.co.id amalan selanjutnya adalah salat berjamaah di masjid, ini menjadi salah satu keutamaan dalam bulan ramadan terutama bagi kau madam. Karena dengan melaksanakan salat berjamaah di masjid umat muslim dapat bersilaturahmi satu sama lain. Selain itu Rasulullah SAW juga memberikan contoh dengan rutin salat berjamaah di masjid dalam keadaan sakit atau cuaca buruk.

5. Memperbanyak Amal Ibadah Sunah

Bulan Ramadhan juga waktunya untuk umat muslim memperbanyak ibadah sunah. Jangan melewatkan waktu di 10 hari pertama puasa Ramadan tanpa memperbanyak ibadah sunah. Luangkan waktu kamu untuk beribadah sunah seperti salat dhuha, salat rawatib, salat tarawih, salat witir, dan membaca Alquran. [tempo]

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Kadis DKP Aceh Bersama Pj Bupati Mahyuzar Bagikan 7,5 Ton Ikan Segar di Aceh Utara

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, bersama Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar,
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -