Sabtu, Juli 20, 2024

7 Gempa Bumi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada Indonesia

Wajib Baca

Orinews.id |Gempa Bumi termasuk dalam bencana alam yang terjadi akibat pergerakan lempeng bumi. Akibatnya, dataran yang ada di atasnya menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan kerusakan. Kerusakan yang ditimbulkan juga bisa dalam skala yang kecil atau besar tergantung pada seberapa besar magnitudo gempa yang terjadi.

Gempa Bumi Terbesar di Dunia

Gempa merupakan bencana yang mungkin sulit diprediksi oleh manusia. Gempa terbesar sendiri pernah terjadi di Chili dengan kekuatan 9.5 SR dan menewaskan jutaan jiwa. Sejumlah negara lain pun merasakan hal yang sama dengan skala kekuatan yang berbeda.

Kekuatan gempa yang sangat besar tak hanya merusakan bangunan, namun juga dapat memicu bencana alam lain seperti tsunami. Melansir australiangeographic, berikut ada beberapa gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di dunia.

1. Gempa Valdivia Chili 

Gempa Valdivia Chili merupakan gempa terbesar di dunia yang terjadi di Valdivia, pada 1960 dengan magnitudo 9.5. Gempa tersebut menewaskan sekitar 1.655 jiwa dan 3 ribu orang mengalami luka. Terhitung setelah gempa, tsunami dahsyat datang hingga mengalir ke Jepang dan Hawai. Sebenarnya, pusat gempa berada di dekat Cañete, tetapi Valdivia merupakan kota yang paling terdampak. Gempa terbesar tersebut ditaksir menyebabkan kerugian sebesar Rp8.6 triliun ditambah 2 juta penduduk harus mengungsi.

2. Gempa Alaska 

Gempa Alaska merupakan gempa terbesar kedua di dunia yang terjadi pada 1964 di Alaska, Amerika Utara. Sentral gempa tersebut ada di Prince William Sound, yaitu sebuah teluk di Semenanjung Kenai dengan kekuatan sekitar 9.2SR dan sesar 970 kilometer. Untungnya, Gempa Alaska menimbulkan korban jiwa dan bangunan yang rusak di berbagai tempat. Bangunan tersebut termasuk pelabuhan yang hancur lebur hingga ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp4.1 triliun.

3. Gempa Aceh Indonesia 

Gempa Aceh di Indonesia merupakan gempa terbesar di dunia yang terjadi pada 26 Desember 2004. Gempa ini juga memicu tsunami terhebat di tahun 2000an. Bencana alam tersebut menjadi awal terjadinya bencana lain yang menyengsarakan. Gempa Aceh berkekuatan magnitudo 9.1 menjadi angka terbesar yang menewaskan lebih dari 200 ribu jiwa. Susulan tsunami juga menyebar hingga ke Sri Lanka.

4. Gempa Tohoku Jepang 

Gempa Tohoku di Jepang terjadi pada 2011 dengan kekuatan sekitar 9.1 SR. Menurut National Geographic, kurang lebih ada 15.000 orang meninggal dunia dan 450.000 orang kehilangan tempat tinggalnya. Selain itu, gempa ini juga menyebabkan bocornya pembangkit nuklir di Fukushima yang menyebabkan kawasan tersebut berbahaya untuk kehidupan manusia.

5. Gempa Kamchatka, Russia

Gempa terbesar di dunia selanjutnya terjadi pada Kamchatka, Rusia pada 1952. Dilansir dari largest.org gempa ini berkekuatan 9.0 SR yang juga menyebabkan tsunami setinggi 50 kaki. Akibat dari tsunami tersebut juga berimbas hingga Chili, Selandia Baru, bahkan Peru. Kurang lebih jumlah korbannya mencapai 15.000.

6. Gempa Bio-Bio, Chile

Selanjutnya ada gempa yang terjadi di Bio-bio, Chili pada 2010 dengan kekuatan kurang lebih 8.8 SR. Akibatnya gempa ini menyebabkan sekitar 521 jiwa meninggal, 56 orang hilang hingga 12.000 luka-luka. Selain gempa, bencana alam yang satu ini juga menyebabkan tsunami.

7. Gempa Ekuador

Terakhir ada gempa yang terjadi di Ekuador yang juga disusul oleh bencana tsunami. Gempa berkekuatan 8.8 SR ini menyebabkan korban jiwa sebanyak 1.500 pada tahun 1906. Pusat gempa berada sekitar 200 mil barat daya Santiago.

|Sumber: Tempo

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Kadis DKP Aceh Bersama Pj Bupati Mahyuzar Bagikan 7,5 Ton Ikan Segar di Aceh Utara

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, bersama Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar,
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -