Selasa, Juli 23, 2024

FDP Salurkan 81 Hewan Qurban ke Perbatasan Aceh-Sumut dan Muslim Kamboja

Wajib Baca

ORINEWS.IDBanda Aceh – Dalam semangat berbagi di momen Idul Adha 1455 H, Forum Dakwah Perbatasan (FDP) telah menyalurkan sebanyak 81 hewan qurban ke kawasan perbatasan Aceh-Sumatera Utara dan kepada masyarakat Muslim Champa di Kamboja. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan FDP dalam mendukung umat Islam minoritas di perbatasan.

Zulkarnaini, pelaksana program FDP, mengungkapkan peningkatan jumlah hewan qurban yang disalurkan setiap tahun sebagai bukti kepedulian umat Islam Aceh dan Indonesia terhadap kondisi saudara-saudara mereka di perbatasan.

“Alhamdulillah, tahun ini, FDP berhasil menyalurkan 11 ekor sapi dan 70 ekor kambing atau domba,” sebutnya.

Penyumbang qurban berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk dokter, akademisi, dan pedagang. Forum Dakwah Dokter Indonesia (FDDI) secara khusus menyumbangkan 4 ekor kambing.

“Fokus pengiriman qurban adalah ke daerah-daerah yang telah ditempati oleh para da’i FDP. Saat ini, setidaknya 14 da’i telah menjalankan tugas dakwah di wilayah Aceh Tenggara, Aceh Singkil, dan beberapa wilayah di Sumatera Utara,” ujar Zulkarnaini.

FDP juga memiliki rencana dakwah jangka panjang untuk kawasan Singkil Perbatasan Sumut, mengingat kondisi wawasan keislaman yang rentan terdegradasi. Selain itu, Subussalam menjadi area penting dengan banyak muallaf binaan FDP yang berasal dari suku Nias.

Kegiatan penyaluran hewan qurban ini juga mencakup Kamboja, sebagai bentuk pembinaan hubungan baik dengan Muslim minoritas Champa. Kunjungan dr. Nurkhalis SpJP FIHA, Ketua FDP, ke Kamboja atas undangan Perdana Menteri Hun Manet telah membuka jalan bagi peningkatan silaturrahim antara Aceh dan Champa.

Dengan kegiatan ini, FDP berharap dapat terus memperkuat tali persaudaraan dan meningkatkan pemahaman Islam di kawasan perbatasan dan pedalaman.

|Editor: Awan

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Pangdam IM dan Pj Wali Kota Kunjungi SMPN 1 Banda Aceh

ORINEWS.ID, Banda Aceh - Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya bersama Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -