Senin, Juli 15, 2024

Google Drive Stop Dukungan untuk Windows 8

Wajib Baca

Orinews.id|Jakarta – Google akan menghentikan dukungan untuk Google Drive di perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 mulai Agustus mendatang.

“Pada bulan Agustus 2023, kami akan mengakhiri dukungan untuk Drive untuk desktop di Windows 8/8.1, Windows Server 2012, dan semua versi Windows 32-bit. Untuk menghindari gangguan layanan, pengguna Windows harus meningkatkan ke Windows 10 (64 bit) atau lebih tinggi sebelum Agustus 2023. Pengguna Windows versi 32-bit masih dapat mengakses Drive melalui browser,” tulis Google di laman dukungannya.

Aplikasi desktop untuk Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan file dan folder di komputer dengan layanan penyimpanan cloud serta mencadangkan foto dan video apa pun ke Google Photos.

Namun, mulai Agustus mendatang, pengguna Windows 8, Windows 8.1, dan mereka yang menjalankan Windows 10 versi 32-bit tidak akan dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyinkronkan atau mencadangkan file mereka melalui aplikasi.

Meski demikian, pengguna masih tetap bisa mengakses Google Drive melalui browser (peramban).

Dikutip dari The Verge, hilangnya dukungan Google Drive pada Windows 8 sendiri mengisyaratkan pengguna untuk segera meng-upgrade perangkat atau beralih ke Windows 10 jika ingin tetap menyinkronkan file di platform tersebut.

Pasalnya, Windows 8 dan 8.1 perlahan ditinggalkan. Microsoft menghentikan pembaruan keamanan dan dukungan teknis pada Januari untuk sistem operasi yang sudah tua ini.

Sementara Google merilis versi pertama Google Chrome yang tidak mendukung Windows 7 dan Windows 8 / 8.1 pada Februari. Kemudian, Mozilla Firefox juga memiliki rencana untuk mengakhiri pembaruan keamanan untuk Windows 7 dan Windows 8 / 8.1 tahun depan.

Dikutip dari Android Police, Windows 8 dan saudaranya yang sedikit lebih baik tidak pernah benar-benar dianggap sebagai sistem operasi Windows yang “dicintai.”

Pasalnya, sistem operasi ini banyak mengalami masalah dengan UI yang tidak ramah terhadap mouse. UI yang dipersiapkan untuk masa depan layar sentuh ini benar-benar melupakan pengguna mouse dalam prosesnya.

Windows 8 merupakan sistem operasi Microsoft yang diluncurkan pada 2012 yang kemudian digantikan oleh Windows 10 yang dirilis tiga tahun kemudian pada 2015. Sistem operasi teranyar Microsoft saat ini adalah Windows 11 yang diluncurkan pada 2021.

|Sumber: CNNIndonesia

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Polda Aceh Turunkan 700 Personel dalam Operasi Patuh Seulawah 2024

ORINEWS.ID, Banda Aceh - Polda Aceh beserta Polres jajaran menurunkan 700 personel dalam pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah tahun 2024
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -