Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

BMKG akan Bangun Alat Pendeteksi Tsunami di Aceh Besar

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Kota Jantho – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Drs Sulaimi M.Si memberikan apresiasi kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang akan membangun alat pendeteksi tsunami (Tsunami Gauge) di Kabupaten Aceh Besar. Diharapkan dengan hadirnya tsunami gauge itu akan membantu masyarakat agar lebih mawas diri mengingat Aceh merupakan salah satu daerah yang rawan terjadinya musibah gempa dan tsunami.

Ketika menerima audiensi dan silaturahmi Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin di ruang kerjanya, Jumat siang (19/5/2023), Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi didampingi Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi mengemukakan, kehadiran alat pendeteksi tsunami tersebut sangat berguna bagi masyarakat Aceh Besar.

“Pemkab Aceh Besar sangat menyambut baik keinginan untuk membangun alat pendeteksi tsunami di Aceh Besar. Kami yakin, kehadiran alat ini sangat berguna,” jelas Sulaimi.

Sekdakab Aceh Besar mengungkapkan, ketika gempa dan tsunami menerjang Provinsi Aceh pada 26 Desember 2004 lalu, ribuan masyarakat, termasuk yang berdomisili di sejumlah kecamatan di Aceh Besar menjadi korban. Oleh sebab itu, kehadiran alat pendeteksi tsunami tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat sehingga dampak dan korban jiwa bisa diminimalisir.

Andi Azhar menerangkan, alat pendeteksi tsunami ini sangat berguna, terlebih bagi wilayah yang rawan terjadi gempa dan tsunami seperti Aceh. “Kami memohon dukungan dari Pemkab Aceh Besar, sehingga alat pendeteksi tsunami ini bisa segera terwujud di Aceh Besar,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menjelaskan, pihaknya dalam tahun ini akan menempatkan alat sensor gempa yang dipasang dekat Kantor Camat Pulo Aceh dan dekat UPTD Peternakan di Pulo Aceh. “Insya Allah, alat sensor gempa dan pendeteksi tsunami ini akan berguna bagi masyarakat, terutama masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah pesisir pantai,” terang Andi Azhar.[*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Ratusan Wartawan Langsa Terima Daging Qurban

ORINEWS.ID, Langsa – Ratusan wartawan dari berbagai platform media dan organisasi yang bertugas di Kota Langsa menerima pembagian
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -