Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

FKDM Aceh: Konflik Pemilu “Akar Rumput” 2019 Jangan Terulang Lagi

Wajib Baca

Orinews.id|Langsa – Konflik Menghambat Politik dan Pembangunan Forum Langsa: Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Aceh Mirza Fanzikri mengatakan, pendidikan politik sangat penting untuk meminimalisir potensi konflik jelang Pemilu 2024.

“Kita perlu belajar dari Pemilu 2019 yang telah menyebabkan polarisasi sosial di level akar rumput, sedangkan level elit adem-adem saja,” kata Mirza Fanzikri saat menjadi pemateri Rapat Kerja (Raker) FKDM Angkatan I Tahun 2023 di Aula Badan Kesbangpol Kota Langsa, Kamis (11/5/2023).

Karena itu — kata Dia — konflik itu jangan terulang lagi. Banyak aspek pembangunan terhambat akibat konflik. Sehingga sejak dini potensi konflik itu harus diwaspadai agar tidak menjadi ancaman, tantangan, hambatan, dan ganguan bagi pembangunan.

“Gejalanya harus sebisa mungkin dideteksi dari skala paling kecil,” ujar dosen FISIP UIN Ar – Raniry Banda Aceh itu.

Fanzikri juga mengajak semua pihak untuk bertanggungjawab sesuai peran masing-masing. Baik sebagai pemerintah, akademisi, dunia usaha, media, serta kelompok masyarakat.

“Kita perlu mengadopsi filosofi sapu lidi dalam hal sinergitas, kita hadapi tahun Pemilu 2024 nanti yang tahapannya telah dimulai,” katanya.

Menurut Fanzikri, pemilu 2024 tidak tertutup kemungkinan ada potensi ancaman, tantangan, hambatan, dan ganguan.

“Mulai dari tahapan pra pemilu hingga pasca pemilu, harus kita kawal bersama,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Aceh Dedy Andrian, SE.MM menyebut, tahun politik 2024 mendatang adalah momentum penting bagi rakyat Indonesia, sehingga Forum-forum kemasyarakatan harus bersinergi dalam mendeteksi potensi gangguan keamanan, kententraman dan ketertipan masyarakat (kamtramtibmas) secara terarah, terkoordinasi dan berkesinambungan.

Rapat kerja FKDM diikuti Unsur Polres, Kodim, Satuan Intelijen, Kesbangpol, SKPK Terkait, FKDM, FKUB, FPK, Lsm/Ormas, Jurnalis Dan Para Tokoh Kemasyarakatan.[]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Pemko Banda Aceh Bakal Tertibkan Pengemis

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui dinas terkait akan mengintensifkan penertiban terhadap gelandangan
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -