Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Teknologi dan Keuangan Digital Mampu Tingkatkan Daya Beli Masyarakat Secara Pesat

Wajib Baca

Orinews.id|Singkil – Dalam era industri 4.0 saat ini, industri keuangan mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama dalam bidang teknologi dan perbankan digital. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam sistem pembayaran yang instan dan mudah seperti internet banking, mobile banking, ATM, e-money serta berbagai macam fitur lainnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, H. Teuku Riefky Harsya, M.T, mengatakan perubahan begitu pesat dalam teknologi keuangan ini menunjukkan bahwa teknologi baru mampu memainkan peran yang sangat strategis, tidak terkecuali di Indonesia tetapi juga di dunia global.

Menurutnya, teknologi digital mampu menghadirkan akses kemudahan dalam layanan keuangan yang mudah dan cepat tanpa perlu nasabah hadir secara fisik. Sehingga dengan teknologi dan keuangan digital seperti saat ini, maka motivasi pelanggan untuk belanja akan lebih loyal.

“Termasuk daya beli masyarakat pun dapat meningkat secara pesat,” ungkap TRH saat menjadi narasumber dalam acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Keuangan Di Era Revolusi 4.0” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Sabtu (11/2/2023).

Lebih lanjut, Sekjen DPP Partai Demokrat itu menyebutkan, pada tahun 2022, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi uang elektronik sudah mencapai 38% atau setara dengan 5.184 triliun pada bulan Oktober 2022 yang lalu.

Kata dia, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa semakin hari uang digital semakin diminati, dan memainkan peran yang sangat penting dalam transaksi di pasar lokal maupun global.

“Namun, kemajuan sistem keuangan yang dihadapi saat ini tentu tidak selamanya membawa dampak positif kepada kita. Teknologi tidak selamanya dapat menjamin keamanan bagi kita. Oleh karenanya, SDM yang mampu menggunakan teknologi dengan bijak menjadi sangat krusial,” ujar TRH.

Sehingga, tambahnya, dengan bekal kemampuan memahami teknologi digital dengan baik serta update terhadap perkembangan baru, maka hal ini dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat kedepan.

“Terutama dalam mengelola keuangannya sehari-hari,” tutur Wakil Ketua Komisi I DPR-RI itu.

Untuk diketahui, acara webinar yang diikuti oleh ratusan peserta ini terlaksana berkat kerjasama antara Kemkominfo melalui Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) dengan Komisi I DPR-RI. Adapun Narasumber dalam webinar tersebut yaitu Wakil Ketua Komisi I DPRRI, H. Teuku Riefky Harsya, M.T, Kasie Operasional Bank Aceh Cabang Aceh Singkil, M. Said Ramadhani, SH, dan Key Opinion Leader, Tomy Ristanto.

|Reporter: Munara |Editor: Awan

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Pemko Banda Aceh Bakal Tertibkan Pengemis

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui dinas terkait akan mengintensifkan penertiban terhadap gelandangan
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -