Senin, Juli 15, 2024

Kapolda Aceh Hadiri Acara Tanam Jagung Perdana Program “I’M Jagong”

Wajib Baca

Orinews.id|Lhoksukon – Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar beserta sejumlah Forkopimda menghadiri acara tanam jagung perdana program “I’M Jagong” di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 23 Mei 2023.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto mengatakan, tanam jagung perdana program I’M Jagong secara serentak dilaksanakan di tiga wilayah Provinsi Aceh, yaitu di Aceh Utara, Aceh Barat, dan Aceh Besar. Penanaman jagung perdana di Aceh Utara dilakukan langsung oleh Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, yang dihadiri Kapolda Aceh dan sejumlah Forkopimda.

Joko menjelaskan, program I’M Jagong memiliki tujuan penting di Aceh dan dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan dalam rangka mencapai kemandirian pangan.

Selain itu, sambung Joko, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengatasi stunting, serta mensukseskan program lumbung pangan nasional dan turut berkontribusi pada pembangunan mandiri di sektor Pertanian dan Industri.

Kemudian, tahapan program I’M Jagong ini terdiri dari beberapa langkah rinci yang diawali dengan dilakukannya finalisasi materi yang meliputi perencanaan dan persiapan teknis.

“Selanjutnya, dilakukan riset dan pengumpulan data mengenai kondisi tanah untuk menentukan lokasi tanam awal. Untuk mendukung program ini juga dilakukan langkah bersama untuk rembuk pembiayaan,” kata Joko, dalam rilisnya, Selasa, 23 Mei 2023.

Setelah penanaman tersebut juga akan dilakukan pendampingan, pelatihan, dan pengawasan agar petani dapat mengoptimalkan hasil panen nantinya.

“Tahapan terakhir adalah panen dan Penanganan pasca panen dengan menyiapkan off taker, guna memastikan hasil produksi jagung dapat terserap dengan baik di pasar,” demikian, kata Joko.[*]

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Polda Aceh Turunkan 700 Personel dalam Operasi Patuh Seulawah 2024

ORINEWS.ID, Banda Aceh - Polda Aceh beserta Polres jajaran menurunkan 700 personel dalam pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah tahun 2024
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -