Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Menjaga Tubuh Tetap Bugar di Bulan Ramadhan

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Banda Aceh – Berpuasa satu bulan penuh saat Ramadhan dapat mengubah aktivitas sehari-hari, mulai dari pola makan, pola tidur, olahraga, dan lain sebagainya. Perubahan aktivitas tersebut secara tidak langsung akan berdampak terhadap kondisi tubuh.

Untuk menjaga tetap tetap sehat dan bugar, berikut ini adalah kiat-kiat untuk menjaga tubuh tetap bugar saat berpuasa Ramadhan. Kiat pertama, sahur dengan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Selain itu, kurangi makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah untuk meminum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Dengan mengkonsumsi makanan yang cukup serat dapat membantu memelihara mikroba baik yang ada dalam sistem pencernaan, khususnya usus. Selain itu, bisa mencegah konstipasi, menjaga daya tahan tubuh, memaksimalkan penyerapan nutrisi, menjaga berat badan ideal, hingga mampu menjaga kadar gula darah.

Kiat kedua, adalah mengatur pola makan saat buka puasa. Berbuka puasa dapat dilakukan secara bertahap, mulai dari minum air putih, makan makanan manis seperti takjil, kurma, atau buah berair seperti melon dan semangka, sampai mengonsumsi makanan berat.

Setelah Shalat Magrib, barulah makan besar. Perlu diingat, makan besar di sini hindari makanan yang mengandung minyak berlebih karena tidak baik untuk sistem pencernaan.

Kiat ketiga adalah dengan memperhatikan pola makanan sehat sesuai pedoman gizi seimbang ‘isi piringku’. Pedoman ‘isi piringku’ menggambarkan porsi makanan dalam satu piring yang terdiri atas 50 persen buah dan sayur serta 50 persen lainnya terdiri atas makanan pokok dan lauk pauk.

Pedoman ‘isi piringku’ juga menekankan masyarakat agar mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak sehari-hari.

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup, sehingga kebutuhan zat gizi dapat terpenuhi. (adv)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Ratusan Wartawan Langsa Terima Daging Qurban

ORINEWS.ID, Langsa – Ratusan wartawan dari berbagai platform media dan organisasi yang bertugas di Kota Langsa menerima pembagian
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -