Senin, Juli 15, 2024

Panwaslih Aceh Siap Awasi Perhitungan Ulang Suara di Pidie Jaya dan Aceh Timur

Wajib Baca

ORINEWS.IDBanda Aceh – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh telah bersiap untuk mengawasi proses Penghitungan Ulang Surat Suara (PUSS) yang akan dilaksanakan di kabupaten Pidie Jaya dan Aceh Timur. Hal ini menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan PUSS di dua kabupaten tersebut paling lambat dilaksanakan pada 6 Juli 2024.

Ketua Panwaslih Aceh, Agus Syahputra, mengungkapkan, pengawasan akan dilakukan di 770 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 288 desa dan 14 kecamatan di kedua kabupaten tersebut. PUSS di Pidie Jaya melibatkan tiga kecamatan dengan total 103 desa dan 231 TPS, sementara di Aceh Timur terdapat 11 kecamatan dengan 185 desa dan 539 TPS.

“Kami telah menyiapkan tim fasilitasi untuk membantu dalam proses penghitungan dan rekapitulasi surat suara di setiap panel, sesuai dengan instruksi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) di kedua kabupaten,” kata Agus dalam acara Diskusi Media di Banda Aceh, hari Kamis (4/7/2024).

Selain itu, Panwaslih Aceh juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dan mengeluarkan Surat Imbauan kepada KIP Aceh untuk mencegah potensi pelanggaran pemilu. Upaya ini dilakukan untuk memastikan proses PUSS berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut, Panwaslih Aceh telah melakukan evaluasi terhadap pengawasan Pemilu 2024 dan berencana melibatkan masyarakat serta lembaga pemantau pemilu dalam proses pengawasan PUSS. Langkah ini diharapkan dapat meminimalkan pelanggaran pemilu serta menciptakan kolaborasi yang efektif dalam menjaga integritas proses demokrasi.

Di tingkat provinsi, Panwaslih Aceh juga telah berkoordinasi dengan Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Aceh untuk mengantisipasi potensi pelanggaran hukum yang mungkin terjadi selama pelaksanaan PUSS di kedua kabupaten tersebut.

Dengan demikian, Panwaslih Aceh siap mengawasi dengan ketat seluruh tahapan PUSS di Pidie Jaya dan Aceh Timur guna memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan bagi masyarakat Aceh. []

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Polda Aceh Turunkan 700 Personel dalam Operasi Patuh Seulawah 2024

ORINEWS.ID, Banda Aceh - Polda Aceh beserta Polres jajaran menurunkan 700 personel dalam pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah tahun 2024
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -