Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Pj Bupati Aceh Besar Ikut Vidcon Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Kota Jantho – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM didampingi Sekdakab Aceh Besar Drs. Sulaimi M.Si, Forkopimda, TNI, Polri, BPS, dan Kepala OPD terkait mengikuti Vidcon Pengendalian Inflasi Daerah bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Tito Karnavian dari ruang rapat Lantai III Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (22/5/2023).

Dalam arahannya, Mendagri Prof Tito Karnavian kembali mengajak para Kepala Daerah seluruh Indonesia, Forkopimda, Satgas Pangan, serta OPD terkait untuk terus melakukan berbagai upaya dan strategi untuk penanganan inflasi daerah.

Melalui Vidcon tersebut, Mendagri mengingatkan Para Kepala Daerah untuk melakukan kesiapsiagaan krisis pangan. Beberapa waktu lalu, katanya, Presiden Joko Widodo mengajak para pejabat di Indonesia untuk melakukan antisipasi ancaman krisis pangan. Di antaranya dengan meningkatkan produksi  komoditas  pangan besar-besaran dan harus  disesuaikan  dengan karakter masing-masing daerah.

Upaya lainnya adalah memastikan pasar yang akan menampung hasil produksi tersebut, serta harus ada perencanaan (grand plan) yang baik hingga tahap pendistribusian komoditas pangan sehingga stok tidak menumpuk atau kualitasnya menurun.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, MM memaparkan sejumlah kebijakan pengendalian inflasi daerah yang sudah dilakukan selama ini.

Dijelaskannya, Badan Pangan Nasional sudah melakukan berbagai upaya konkret untuk membantu masyarakat, seperti Gerakan Pangan Murah (GPM), melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) harga pangan di berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Selain itu, melaksanakan penyaluran cadangan pangan pemerintah. Hingga 20 Mei 2023, jelas Nyoto, realisasi penyaluran bantuan pangan beras sebesar 298.353 ton atau 47% dari total alokasi tiga bulan dan bantuan pangan daging ayam serta telur ayam sebesar 1,063 juta paket atau 73,5% untuk alokasi bulan April 2023.[*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Ratusan Wartawan Langsa Terima Daging Qurban

ORINEWS.ID, Langsa – Ratusan wartawan dari berbagai platform media dan organisasi yang bertugas di Kota Langsa menerima pembagian
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -