Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Kemendikbud Bakal Bangun Museum Budaya di Aceh Besar

Wajib Baca

Orinews.id|Jantho – Kementerian Pendidikan dan Budaya akan membangun museum budaya di Kabupaten Aceh Besar, hal ini disebabkan Karena Kabupaten Aceh Besar terkenal dengan banyak sejarah dan kaya budayanya.

Hal itu disampaikan Direktorat Jenderal Budaya (Ditjenbud) Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Ir. Harris Iskandar, Ph.D. saat meninjau gedung meuseuraya sebagai calon museum budaya Aceh Besar di Jantho, Kamis (27/4/2023).

Iskandar mengatakan Aceh Besar sangat banyak sejarah dan budaya yang bagus, sangat disayangkan jika tidak mempunyai museum,

“Jika bukan sekarang kita bangun museum ya kapan lagi,” ucapnya.

Iskandar menyampaikan selain untuk melestarikan, fungsi dari kebudayaan tersebut juga untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

“Kalau tidak ada museum, kapan lagi regenerasi Aceh Besar bisa mengenal sejarah dan budaya daerahnya sendiri,” ujarnya.

Selanjutnya,Iskandar juga mendukung penuh dengan pembentukan lembaga museum budaya di Kabupaten Aceh Besar.

“Museum budaya itu bukan hanya untuk anak muda Aceh Besar, akan tetapi juga untuk umum dan tentunya lebih banyak menceritakan kebudayaan tentang Aceh Besar,” terangnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar Agus Jumaidi S.Pd, M.Pd menyampaikan hari ini kita kedatangan tim dari kemendikbud RI untuk meninjau dan melihat situasi dan kondisi gedung meuseuraya yang menjadi calon museum budaya Aceh Besar.

“Ada beberapa tahapan atau proses yang harus kita laksanakan, dan semoga kita bisa melewati tahapan dan proses tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Agus Jumaidi berharap semua stake holder kebudayaan bisa mendukung dengan berdirinya museum budaya tersebut, sehingga ini menjadi tonggak sejarah bagi Kabupaten Aceh Besar itu sendiri.

“Insya Allah dengan berbagai proses yang kita lewati bisa menghadirkan museum yang kita cita-citakan selama ini di Aceh Besar,” ungkapnya.

Dimuseum budaya tersebut nantinya berbagai benda-benda dan cagar budaya akan dimuseumkan disini, sehingga regenerasi Aceh Besar khususnya akan mengetahui sejarah kebudayaan Aceh Besar pada nantinya. [*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Pemko Banda Aceh Bakal Tertibkan Pengemis

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui dinas terkait akan mengintensifkan penertiban terhadap gelandangan
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -