Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

SEA Games 2023: Gaya Main Timnas Indonesia U-22 Mirip dengan Vietnam

Wajib Baca

spot_img

ORINEWS.id – Timnas Indonesia U-22 dinilai bakal unjuk gigi di ajang SEA Games 2023 mendatang. Soal gaya main, pasukan Indra Sjafri ini memiliki filosofi yang mirip dengan Timnas Vietnam.

Menurut media Vietnam, The Thao 247, taktik dan strategi Timnas Indonesia U-22 yang tengah dirancang oleh Indra Sjafri tak jauh berbeda dengan gaya Vietnam U-22 untuk menghadapi SEA Games 2023.

Anggapan The Thao 247 ini bertumpu pada pernyataan bek Bali United, Komang Tri Arta Wiguna, yang dipanggil untuk mengikuti TC skuad Garuda Muda di Jakarta.

“Kami belajar bagaimana bermain bersama Timnas U-22 untuk SEA Games 2023. Untuk evaluasi tadi, kami masih belajar cara bermain dan taktik dari bertahan ke menyerang untuk mencetak gol,” kata Komang, dikutip dari situs resmi PSSI.

Bermain Konstruktif dan Progresif

Komang menjelaskan, setelah berlatih dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir, Indra Sjafri mulai memberikan pemahaman taktik kepada skuad Garuda Muda.

Dari pernyataan Komang, Direktur Teknik (Dirtek) PSSI itu ingin Timnas Indonesia U-22 bermain proaktif dan progresif. Artinya, fase bangun serangan harus dimulai dan dikonstruksi dari lini pertama dan melibatkan semua pemain.

“Coach Indra mengajarkan kami harus bermain dari bawah. Passing harus jalan. Beliau menginstruksikan kami harus berani build-up dari belakang,” ujar bek berusia 22 tahun ini.

Disamakan dengan Gaya Permainan Vietnam U-22

Pernyataan Komang itukah yang menjadi sorotan The Thao 247. Menurut media Vietnam ini, gaya permainan konstruktif seperti ini memiliki kemiripan dengan filosofi yang akan diterapkan oleh pelatih Phillipe Troussier.

Dalam artikel yang berjudul “Indonesia ingin bermain seperti Vietnam U-22 di SEA Games 2023’, The Thao 247 menganggap bahwa skuad Garuda Muda juga ingin bermain menyerang dan mendominasi penguasaan bola.

“Gaya permainan ini sangat mirip dengan gaya Timnas Vietnam U-22 di bawah asuhan pelatih Philippe Troussier,” tulis The Thao 247.

“Setelah mengambil alih kursi pelatih kepala, ahli strategi asal Prancis ini mengungkapkan filosofi menguasai permainan dengan gaya sepak bola Vietnam, dan fokus mengolah bola dengan para pemain,” imbuhnya.

Garuda Muda Matangkan Persiapan

Timnas Indonesia U-22 mulai mematangkan persiapannya menjelang agenda uji coba yang akan segera digelar dalam waktu dekat. Yang pertama, ada agenda uji coba melawan Bhayangkara FC pada Selasa (11/4/2023).

Setelah duel melawan klub BRI Liga 1 itu, Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan akan menjajal kekuatan Lebanon U-22. Rencananya, duel latih tanding ini akan digelar dua kali, yakni pada 14 dan 16 April 2023.

Pada SEA Games 2023, skuad asuhan Indra Sjafri akan bersaing di Grup A. Empat negara yang akan menjadi pesaingnya di grup ini ialah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

|Sumber: bolacom/bolanet

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Warga Meunasah Papeun Aceh Besar Sembelih 42 Hewan Qurban

ORINEWS.ID, Aceh Besar - Dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah, Gampong Meunasah Papeun, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, menyembelih 42 ekor hewan qurban,
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -