Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Mahasiswa Teknik Kimia USK Kembali Toreh Prestasi Membanggakan di Kompetisi Bergengsi Nasional

Wajib Baca

spot_img

Orinews.id|Banda Aceh – Tim The Gabe Oil yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Teknik Kimia di Universitas Syiah Kuala (USK) kembali berhasil membuat prestasi yang membanggakan dengan meraih medali emas pada ajang Online Project Competition (OSPC) tahun 2023 yang ke-5.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Indonesian Youth Scientists Association (IYSA) bekerja sama dengan Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L) dari tanggal 14 Maret hingga 5 April 2023.

Tim The Gabe Oil menjadi satu-satunya perwakilan dari USK dan berhasil mengalahkan peserta dari ratusan universitas di Indonesia, seperti Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, dan lainnya. Kompetisi ini difokuskan pada para peneliti muda yang mempresentasikan hasil penelitian mereka di kategori Physics and Engineering (PE).

Proyek penelitian yang berhasil membuat The Gabe Oil meraih medali emas berjudul “Studi Komparasi Potensi Limbah Biomassa Menjadi Adsorben Logam Berat Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Zero Waste.”

Proyek ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan limbah di lingkungan dan mempromosikan inovasi di masyarakat dengan menunjukkan bahwa limbah biomassa dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang berguna, termasuk keuntungan ekonomi.

Tim ini terdiri dari Abdul Hafiq, Ikhlasul Khair, dan Qodri Yudit Angesta, dibimbing oleh Bapak Hisbullah, S.T., M. Eng., dosen tetap pada Program Studi Teknik Kimia di Fakultas Teknik USK. Pengumuman pemenang dilakukan pada Rabu, 5 April 2023, melalui saluran YouTube IYSA dan I3L.

Keberhasilan tim The Gabe Oil sangat luar biasa, mengingat Program Studi Teknik Kimia di USK baru saja memperoleh akreditasi internasional dari IABEE untuk Program Studi Teknik Kimia yang berkaitan dengan Chemical, Biochemical, and Similarly-named Engineering. Akreditasi ini didasarkan pada standar Outcome-Based Education dan mematuhi standar internasional seperti Washington Accord.

Ketua Tim The Gabe Oil, Qodri Yudit Angesta, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini dan berharap keberhasilan ini akan menjadi batu loncatan bagi mereka untuk terus berprestasi dan mempertahankan nama USK dan Provinsi Aceh, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng., Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK, memuji ide cemerlang tim dan menekankan bahwa kepedulian mereka terhadap potensi limbah biomassa sangat tepat, mengingat masalah saat ini dalam pengelolaan limbah.

Beliau juga menekankan bahwa Fakultas Teknik selalu mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan mengeksplorasi potensi sumber daya yang belum dimanfaatkan di luar kampus.

Sementara itu, Prof. Dr. Sri Aprilia, Ketua Program Studi Teknik Kimia USK, berbagi pendapat yang sama dan menyatakan bahwa program studi ini selalu mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan nilai sumber daya yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Beliau juga menekankan bahwa Program Studi Teknik Kimia merupakan salah satu program studi yang paling diminati di Fakultas Teknik, USK. []

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Warga Meunasah Papeun Aceh Besar Sembelih 42 Hewan Qurban

ORINEWS.ID, Aceh Besar - Dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah, Gampong Meunasah Papeun, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, menyembelih 42 ekor hewan qurban,
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -