Minggu, Juli 14, 2024

TRH: Pembekalan SDM Harus Konsisten Dilakukan untuk Percepat Transformasi Digital

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Teuku Riefky Harsya (TRH) mengatakan pembekalan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memanfaatkan teknologi digital harus dilakukan secara konsisten untuk mempercepat/akselerasi transformasi digital, khususnya di Aceh.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Transformasi Digital dan Implementasinya” yang diikuti ratusan peserta baik secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Jum’at (10/2/2023).

“Saat ini transformasi digital mulai kita lihat dan rasakan di segala sektor kehidupan, mulai dari sektor pelayanan pemerintahan hingga sosial kehidupan masyarakat sehari-hari,” katanya.

Lebih lanjut, Sekjen DPP Partai Demokrat itu menjelaskan bahwa saat ini kita berada di zaman yang mengandalkan kecanggihan teknologi dalam setiap aktivitas dan lini kehidupan.

Fenomena yang dikenal dengan sebutan revolusi industri 4.0, yaitu upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utamanya.

“Situasi inilah yang menuntut kita untuk melakukan transformasi besar-besaran tentang bagaimana menjalankan kehidupan kita sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi digital,” jelas TRH.

Menurutnya, proses transformasi digital itu sendiri biasanya didahului oleh digitalisasi yaitu proses penggunaan informasi digital untuk menciptakan dan mendapatkan nilai baru dengan cara yang baru pula.

“Proses transformasi digital inilah yang memunculkan kematangan digital yang dilihat dari dua sisi yaitu dampak digital dan kesiapan digital,” tambah TRH.

Karena itu, kata TRH, kita ditantang dan diberikan dua pilihan yaitu berubah atau kita harus siap melakukan perubahan fundamental dalam menjawab dampak dari digitalisasi yang terjadi serta mempersiapkan diri untuk menyambut transformasi digital.

“Sehingga untuk mempercepat transformasi digital perlu kiranya dilakukan pembekalan SDM khususnya di Aceh dalam memanfaatkan teknologi digital, dan ini harus terus konsisten dilakukan,” tutur Wakil Ketua Komisi I DPR-RI itu.

Untuk diketahui, acara webinar tersebut terlaksana berkat kerjasama antara Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) dengan menghadirkan narasumber yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, H. Teuku Riefky Harsya, M.T, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Singkil, Drs. Azmi, M.AP dan Key Opinion Leader, Dini Valdiani.

|Reporter: Munara |Editor: Awan

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

1.562 Jamaah Haji Aceh Sudah Tiba di Tanah Air

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Sebanyak 387 jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-12 diberangkatkan
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -