Kamis, Juli 25, 2024

Digelar Home Away, Putaran Kedua BRI Liga 1 Dimulai 14 Januari 2023

Wajib Baca

Jakarta|Orinews.idPT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan hasil evaluasi mereka terhadap lanjutan BRI Liga 1 2022/23 musim ini yang digelar dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Dari evaluasi penyelenggaraan, LIB menilai kompetisi sudah berjalan baik dan siap dikembalikan ke format home away pada putaran kedua yang akan dimulai pada 14 Januari 2023.

Sebelum merealisasikan rencana itu, LIB juga sudah dan sedang melakukan verifikasi terhadap stadion-stadion yang jadi markas klub-klub BRI Liga 1 2022/2023. Verifikasi ini menyesuaikan dengan peraturan baru yang tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga di Indonesia.

“Lanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023 ini kan telah melalui proses yang kemudian kami dapat izin melanjutkan meski dengan skema bubble di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta,” ujar Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

“Sejauh ini tinggal satu pekan lagi dan semua berjalan bagus, on time, dan proses yang terkait dengan hal-hal yang baru yang jadi bagian dari transformasi sepak bola nasional juga kami ikuti. Terkait perizinan, assessment stadion-stadion, tahapan itu kami penuhi semua. Sampai akhirnya diizinkan bubble tanpa penonton,” katanya menambahkan.

Sudjarno menambahkan, dari hasil evaluasi LIB, kekurangan yang terlihat dari pertandingan Liga 1 mayoritas disebabkan oleh keputusan-keputusan keliru dari para wasit dan hakim garis. Namun, persoalan itu berada di ranah PSSI bukan LIB.

“Penugasan wasit memang dari federasi. PT LIB sudah menyurat ke federasi untuk evaluasi wasit atas seizin Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus. PT LIB sudah bersurat ke federasi untuk meningkatkan kinerja wasit di sisa waktu bubble ini, karena sebelumnya cukup bagus tapi di bubble ada banyak komplain dan itu akan kami benahi,” ucapnya.

“Tanggal 14 Januari Insyaallah putaran kedua berjalan dengan sistem home and away,” ujar Sudjarno.

Liga 1 Libur Selama Piala AFF 2022

Sudjarno menjelaskan, pemilihan tanggal 14 Januari sebagai kick off putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 disebabkan adanya gelaran Piala AFF 2022. Turnamen antarnegara Asia Tenggara itu berlangsung dari 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

LIB memberikan kesempatan kepada klub-klub sampai bisa diperkuat para pemain terbaik mereka yang dipanggil Timnas Indonesia ke Piala AFF 2022. Meski demikian, sebelum putaran kedua dimulai, LIB berencana menggelar tiga laga tunda putaran pertama.

“Selama Piala AFF, Liga 1 enggak main. Tanggal 9,10,11 Januari 2023 itu akan digelar pertandingan tunda,” imbuh Sudjarno.

3 Laga Tunda Putaran Pertama BRI Liga 1 2022/2023

  1. Persib Bandung Vs Persija Jakarta
  2. Barito Putera Vs PSM Makassar
  3. PSIS Semarang Vs Bhayangkara FC

Sumber: bolanet

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Semua Pihak Diminta Berpartisipasi Selesaikan Pembangunan Tol Sibanceh

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami dan Pangdam Iskandar Muda, Niko Fahrizal meninjau dua lokasi
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -