Minggu, Juli 14, 2024

USK Peringkat 6 Kampus Terbaik di Indonesia

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala atau USK Banda Aceh berhasil menduduki peringkat enam di deretan kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis awal 2023.

Ini prestasi bagi kampus di Kota Banda Aceh itu sebab pada Agustus 2022 berada di peringkat delapan. Secara global, Webometrics menempatkan USK di peringkat 1.144.

Di Indonesia, peringkat lima besar, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta. USK melenggang di sepuluh besar kampus terbaik sejak 2022. Sebelum itu, pada 2021, hanya pada peringkat 17.

Webometrics Ranking suatu inisiatif dari Cybermetrics Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC)–badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Lembaga ini menganalisis kuantitatif internet dan web content, terutama berkaitan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Tujuannya untuk mendukung inisiatif akses terbuka dan akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Indikator pemeringkatan web tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman, tapi kinerja global dan visibilitas dari universitas.

Menanggapi hal itu, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan bersyukur dan merasa bangga atas pencapaian itu. Kenaikan peringkat USK dari tahun sebelumnya menurut dia menjadi bukti perguruan tinggi ini telah berada di jalur yang benar dalam upaya pengembangannya. Prestasi ini makin mendorong USK dalam menjalankan status barunya sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH).

“Alhamdulillah, setidaknya ini menandakan USK sudah on the track (di jalurnya). Pencapaian ini kian memotivasi USK, khususnya di masa-masa transisi PTN BH ini,” kata Marwan, Minggu (5/2/2023).

Selain Webometrics, akhir Januari lalu, EduRank–lembaga pemeringkatan dunia lainnya–menempatkan USK pada posisi ke-14 sebagai kampus terbaik di Indonesia dan peringkat pertama di Sumatra, dari 562 kampus Indonesia yang masuk pemeringkatan tersebut.

Publikasi itu menjelaskan sejumlah bidang keilmuan di USK berada di posisi cukup mengesankan di tingkat nasional. Ke depan, USK menargetkan untuk bisa masuk peringkat di bawah 1.000 dunia. []

spot_img
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Muhammad Iswanto dan Mahyuzar Terima SK Perpanjangan Jabatan Pj Bupati

ORINEWS.ID, Banda Aceh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto dan Mahyuzar, Pj Bupati Aceh Utara menerima Surat Keputusan (SK)
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -